Kamis, 19 Maret 2009

PENGEMBANGAN PROGRAM MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PECAHAN UNTUK KELAS VI SD

ABSTRAK

Purwanto, Sony Saifullah. 2007. Pengembangan Program Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pecahan untuk Kelas VI SD. Skripsi Jurusan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dra. Rini Nurhakiki, M.Pd, (2) Lucky Tri Oktoviana, S.Si, M.Kom

Kata kunci: program media pembelajaran, interaktif, pecahan.

Mengajar materi pecahan membutuhkan suatu kreativitas dan keterampilan dari pengajar, sehingga siswa benar-benar mengerti apa makna dari suatu pecahan. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang interaktif tentang materi pecahan untuk kelas IV SD.
Program media pembelajaran ini akan menyampaikan materi pecahan SD kelas VI semester II sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang meliputi: (1) menyederhanakan dan mengurutkan pecahan, (2) menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu, dan (3) melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
Program media pembelajaran ini di desain sebaik mungkin baik dari segi materi maupun penyampaiannya. Materi disajikan dalam menu sehingga memudahkan siswa untuk memilih materi yang diinginkan. Berbagai fasilitas yang disediakan dalam media ini antara lain: (1) adanya tombol ”petunjuk” yang berisi kegunaan tombol-tombol pada program sehingga dapat membantu siswa dalam mengoperasikan program, (2) tombol ”materi”, ”latihan”, dan ”tes” terdapat pada setiap tampilan sehingga mempermudah siswa untuk memindahkan halaman dari materi ke latihan soal, materi ke tes atau sebaliknya, (3) materi dan latihan disajikan dalam menu pilihan, sehingga siswa dapat memilih materi dan latihan yang ingin dipelajari, (4) setiap tampilan diberi fasilitas untuk kembali ke menu utama, (5) terdapat tes yang dapat menghasilkan nilai atau skor akhir.

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Pendidikan merupakan suatu unsur penting dalam kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan, suatu bangsa dapat mengembangkan segala aspek baik aspek sosial, budaya, maupun aspek teknologi. Sehingga pada saat ini pendidikan menjadi topik utama pembicaraan di mana-mana.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi berkembang dengan pesat. Teknologi komputer bukan barang yang baru lagi walaupun ada sebagian orang belum bisa mengoperasikannya. Komputer membawa dampak yang luar biasa bagi berbagai bidang kehidupan manusia terutama bidang pendidikan. Salah satu usaha meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan menggunakan media komputer sebagai media pembelajaran. Komputer dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan materi, alat peraga, serta alat untuk menunjang latihan siswa.
Ada beberapa paket program komputer pembelajaran matematika yang telah dipasarkan di Indonesia seperti Anak Pintar, seri matematika “Lautan Angka & Komputer Ria”, Tips ‘n Triks “Bank soal SLTP” dan banyak lagi yang lainnya. Program komputer yang dikembangkan tersebut lebih berlandaskan pada model permainan, simulasi, latihan, dan model tutorial kepada anak-anak sehingga program komputer tersebut lebih banyak memuat animasi. Kebanyakan dari beberapa paket program komputer pembelajaran matematika tersebut tidak sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Hal ini dikarenakan karena paket program komputer tersebut dipasarkan oleh pihak swasta.
Dari berbagai uraian di atas penulis mencoba menghadirkan program komputer pembelajaran matematika dengan materi pecahan kelas VI Sekolah Dasar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam program komputer ini juga diberikan suatu bentuk penguatan (reinforcement) yang berupa pujian jika siswa dapat menjawab soal dengan benar. Hamalik (2001:122) menyatakan bahwa pemberian pujian merupakan satu prinsip untuk memotivasi belajar siswa. Diharapkan program media pembelajaran ini dapat berpengaruh terhadap pembelajaran matematika pada umumnya dan terhadap prestasi belajar siswa pada khususnya.

B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, didapatkan rumusan masalah yaitu “Bagaimanakah merancang dan mengembangkan program media pembelajaran interaktif pada materi pecahan untuk siswa kelas VI SD itu?”

C.Tujuan
Tujuan dari pembuatan paket program komputer interaktif ini adalah menghasilkan program media pembelajaran interaktif pada materi pecahan untuk siswa kelas VI SD sesuai dengan KTSP yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

D.Batasan Masalah
Paket program komputer interaktif ini berisi materi pecahan dimana karena terbatasnya waktu penulis membatasi pengembangan program komputer interaktif dengan materi pecahan untuk siswa kelas VI SD sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada saat ini yaitu KTSP. Materi yang ditampilkan pada program komputer interaktif ini diantaranya.
1.Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
2.Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
3.Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

E.Definisi Istilah
Komputer merupakan seperangkat alat elektronik yang dapat menerima (input) dan mengolah data menjadi informasi (output), menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Sedangkan Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) adalah sistem pembelajaran dimana menggunakan media komputer dalam membantu proses pembelajaran.
Interaktif merupakan sesuatu yang dapat menimbulkan interaksi antara siswa dengan komputer. Macromedia flash adalah suatu program yang dapat menampilkan grafik, animasi, suara serta interaktif dengan pengguna komputer.

F.Spesifikasi Program
Paket program komputer ini dapat digunakan dengan baik pada komputer dengan spesifikasi minimal Processor Pentium 166 MHz dengan kapasitas hard disk minimal 25 Megabytes, Memory minimal 32 Megabytes, Kartu Grafis (VGA Card) memory minimal 2 Megabytes, monitor dengan tipe minimal VGA, keyboard, mouse, sound card dan speaker aktif. Sedangkan sistem operasi yang digunakan minimal Windows 98 SE.

1 komentar:

 

trias. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com