Kamis, 19 Maret 2009

Penerapan Model STAD (Students Teams Achievement Division) pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri

abstraks:

Madrasah Tsanawiyah merupakan sekolah keagaamaan yang dalam kurikulumnya memuat mata pelajaran umum, diantaranya matematika. Matematika merupakan mata pelajran yang masih dianggap sulit oleh siswanya. Suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan dalam pengajaran matematika yaitu menggunakan pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa terhadap pembelajaran model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Pandawan sebanyak 123 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel random. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik persentasi dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tentang menyatakan suatu himpunan, diagram Venn, dan diagram Venn gabungan dan himpunan untuk menyelesaikan soal cerita dengan pembelajaran model kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Dengan pembelajaran ini siswa terlihat nampak senang dan menyetujui akan penerapan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika.
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Jenjang pendidikan di Indonesia terdiri dari pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.
Menurut Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 17 ayat 1 dan 2, Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain sederajat (Depdiknas, 2006:82).
Madrasah Tsanawiyah (MTs) merupakan sekolah keagamaan yang dalam kurikulumnya memuat mata pelajaran umum diantaranya matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang diberikan di Tsanawiyah bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
Di Madrasah Tsanawiyah mata pelajaran matematika masih merupakan pelajaran yang sulit bagi siswanya, ini dapat dilihat dari hasil belajar ulangan harian dan dari rata-rata nilai UAS tiga tahun terakhir, yaitu 4,34; 5,76 dan 4,74. untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yaitu pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan belajar yang berorientasi pada siswa, dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Kelebihan dalam belajar kooperatif siswa belajar bersama-sama, saling membantu dan berdiskusi bersama-sama dalam menyelesaikan kegiatan belajar.
Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah STAD (Students Teams achievement Division) yang dapat memotivasi siswa untuk mempelajari bahan sebaik mungkin agar dapat membantu anggota kelompok lainnya.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs Negeri Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2007/2008”

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan diteliti yaitu: “Bagaimanakah hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe STAD (Students Team Achievement Division) pada pembelajaran matematika di Kelas VII MTs Negeri Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2007/2008”

1.3 Pembatasan Masalah
Agar pembahasan dalam penelitian ini tidak meluas, maka masalah dalam penelitian ini dibatasi pada materi semester II tentang menyatakan suatu himpunan, diagram Venn dan diagram Venn gabungan dan himpunan untuk menyelesaikan soal cerita.

1.4 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk:
1) Mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan model STAD (Students Team Achievement Division) pada pembelajaran matematika di Kelas VII MTs Negeri Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2007/2008.
2) Mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan model STAD.

1.5 Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat sebagai berikut:
1) Bagi sekolah tempat penelitian, sebagai bahan masukan guna perkembangan program pengajaran di sekolah.
2) Bagi guru mata pelajaran matematika, sebagai informasi untuk bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran dan pendidikan di sekolah.
3) Bagi siswa, sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan kemampuannya khususnya dalam bidang matematika dan dapat memanfaatkan matematika untuk menunjang ilmu pengetahuan.

1.6 Anggapan Dasar
1) Guru bidang studi telah memberikan materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
2) Siswa dan kondisi belajar siswa di kelas penelitian adalah relatif sama.
3) Siswa mendapatkan informasi yang sama tentang materi yang akan diajarkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

trias. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com