Kamis, 19 Maret 2009

PENGARUH KECEPATAN SIRKULASI AIR DI KOLAM TERHADAP BERAT IKAN MAS (Cyprinus carpio) DI BALAI BENIH IKAN (BBI)

Ikan Mas (Cyprinus carpio) adalah salah satu jenis ikan yang bernilai ekonomis penting. Ikan Mas (Ciprinus carpio) merupakan bahan pangan yang berprotein tinggi, murah dan mudah dicerna. Ditinjau dari masalah gizi saat ini pemerintah melakukan program anak sehat di Indonesia, dengan salah satu kegiatannya adalah menyediakan sumber makanan yang kaya akan protein dan mudah dicerna. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh kecepatan sirkulasi air di kolam terhadap berat Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Balai Benih Ikan (BBI) Lenek Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan sirkulasi air di kolam terhadap berat Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Balai Benih Ikan (BBI) Lenek Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan di Balai Benih Ikan (BBI) Lenek Kecamatan Aikmel Lombok Timur selama 28 hari dari tanggal 3 Maret sampai 30 Maret 2008. dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen. Data yang diperoleh dari penelitin ini dianalisis dengan menggunakan Analisa of Varians (ANOVA). Dari hasil analisis menunjukkan ada pengaruh kecepatan sirkulasi air di kolam terhadap berat Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Balai Benih Ikan (BBI) Lenek Kecamatan Aikmel Lombok Timur.BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Ikan Mas (Cyprinus carpio) adalah satu jenis ikan yang bernilai ekonomis penting. Ikan Mas (Cyprinus carpio) merupakan bahan pangan berprotein tinggi, murah dan mudah dicerna oleh tubuh. Di Indonesia terdapat lebih dari 4000 jenis ikan laut, ikan payau dan ikan tawar. Akan tetapi baru 20 jenis ikan tersebut yang telah dapat dibudidayakan. Salah satu diantaranya adalah Ikan Mas (Cyprinus carpio).

* click link
* 31 clicks
* Read more

PENGGUNAAN TEKNIK PENCATATAN PETA PIKIRAN DAN TEKNIK PENCATATAN RANGKUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KLASIFIKASI
Posted January 29th, 2009 by bedzo

* Pendidikan Biologi

abstraks:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup antara siswa yang diajar dengan teknik pencatatan peta pikiran dan teknik pencatatan rangkuman. Populasi adalah siswa kelas VII MTsN Stabat yang terdiri dari 5 kelas dengan 200 siswa, sampel diambil dari kelas VII-4 dan VII-5. Untuk kelas VII-4 diberi pengajaran dengan teknik pencatatan rangkuman dan kelas VII- 5 diberi pengajaran dengan teknik pencatatan peta pikiran. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposif. Instrumen penelitian terdiri atas 30 butir soal pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban (r11= 0,78 dan r11= 0,81). Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data menggunakan SPSS 14. 0 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa yang diberi pengajaran teknik pencataatan peta pikiran tidak memberikan perbedaan yang signifikan dengan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan teknik pencatatan rangkuman. Dari hasil analisis SPSS 14.0 adalah probabilitas (sig.(2-tailed)) = 0,257 > α = 0,05. (2) Kreativitas siswa di kelas VII-5 mencapai rata- rata 83,1 ( kategori baik) dalam membuat peta pikiran dan pada kelas VII- 4 mencapai rata - rata 63,06 (kategori cukup) dalam membuat rangkuman.
Maka dapat disimpulkan teknik pencatatan peta pikiran dan rangkuman memberikan manfaat yang seimbang terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa.

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Perubahan dan perkembangan aspek kehidupan perlu ditunjang oleh kinerja pendidikan yang bermutu tinggi. Pendidikan yang berkualitas sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas serta mampu bersaing di era globalisasi. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam membentuk karakter, perkembangan ilmu dan mental seorang anak, yang nantinya akan tumbuh menjadi seorang manusia dewasa yang akan berinteraksi dan melakukan banyak hal terhadap lingkungannya, baik secara individu maupun sebagai makhluk sosial.

* click link
* 410 clicks
* Read more

PENGARUH MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS
Posted November 23rd, 2008 by nisayuniar

* Pendidikan Biologi

abstraks:

Asriyanti, 2008, Pengaruh Penggunaan Media visual dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi iswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual dalam pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media visual, dan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP negeri 13 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar tahun ajaran 2007/2008 yang terbagi dalam 9 kelas dengan jumlah siswa secara keseluruhan adalah 320 orang. Sampel diambil secara acak (random), sehingga kelas VIII-3 terpilih sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas VIII-6 terpilih sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan dua cara, yaitu secara statistik deskriptif dan secara statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media visual memiliki nilai biologi dengan rata-rata 76,95 dan berada pada kategori baik. Sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media visual memiliki nilai biologi dengan rata-rata 57,75 dan berada pada kategori cukup. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa.

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Perubahan dan perkembangan aspek kehidupan perlu ditunjang oleh kinerja pendidikan yang bermutu tinggi. Pendidikan yang berkualitas sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas serta mampu bersaing di era globalisasi. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam membentuk karakter, perkembangan ilmu dan mental seorang anak, yang nantinya akan tumbuh menjadi seorang manusia dewasa yang akan berinteraksi dan melakukan banyak hal terhadap lingkungannya, baik secara individu maupun sebagai makhluk sosial.

* click link
* 3252 clicks
* Read more

PENGGUNAAN TEKNIK PENCATATAN PETA PIKIRAN DAN TEKNIK PENCATATAN RANGKUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KLASIFIKASI
Posted November 2nd, 2008 by husli

* Pendidikan Biologi

abstraks:

PENGGUNAAN TEKNIK PENCATATAN PETA PIKIRAN DAN TEKNIK PENCATATAN
RANGKUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII
MTSN STABAT

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup antara siswa yang diajar dengan teknik pencatatan peta pikiran dan teknik pencatatan rangkuman. Populasi adalah siswa kelas VII MTsN Stabat yang terdiri dari 5 kelas dengan 200 siswa, sampel diambil dari kelas VII-4 dan VII-5. Untuk kelas VII-4 diberi pengajaran dengan teknik pencatatan rangkuman dan kelas VII- 5 diberi pengajaran dengan teknik pencatatan peta pikiran. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposif. Instrumen penelitian terdiri atas 30 butir soal pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban (r11= 0,78 dan r11= 0,81). Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data menggunakan SPSS 14. 0 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa yang diberi pengajaran teknik pencataatan peta pikiran tidak memberikan perbedaan yang signifikan dengan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan teknik pencatatan rangkuman. Dari hasil analisis SPSS 14.0 adalah probabilitas (sig.(2-tailed)) = 0,257 > α = 0,05. (2) Kreativitas siswa di kelas VII-5 mencapai rata- rata 83,1 ( kategori baik) dalam membuat peta pikiran dan pada kelas VII- 4 mencapai rata - rata 63,06 (kategori cukup) dalam membuat rangkuman.
Maka dapat disimpulkan teknik pencatatan peta pikiran dan rangkuman memberikan manfaat yang seimbang terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

trias. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com